Selasa, 10 Desember 2013

City Clean and Creative (CCC) ala Techno Creative

Halo sahabat bumiku! Apa kabar? Pastinya kabar sahabat-sahabat bumiku sehat dan bahagia dong, apa lagi sebentar lagi tahun akan berganti. Mesti semangat dong buat bumi kita terutama lingkungannya :D ngomong-ngomong soal lingkungan, saya mau berbagi nih tentang CCC, bukan Cinta Cenat Cenut lho -_- tapi City Clean and Creative (CCC), yaitu cara kita mengolah sampah dikota menjadi sesuatu yang bermanfaat secara kreatif ala Techno Creative.



Nah, Sahabat bumi pernah dengarkan dikota-kota besar seperti jakarta bahkan didaerah denpasar sering terjadi banjir, yang tidak asing lagi polusi udara karena pembakaran sampah, dan lain sebagainya.  Karena masalah inilah saya mengangkat topik “lingkungan” diartikel blog jaga bumiku dengan judul City Clean and Creative (CCC) ala Teachno Creative.



Mungkin dijaman sekarang lagi ngetren dengan buang sampah plastik tidak pada tempatnya (alias buang sembarangan), sudah gitu sampah-sampah ini bukan diolah kembali untuk hal yang bermanfaat lagi, tapi berakhir menjadi abu yang menyebabkan polusi udara.. nah sahabat bumi coba kita berpikir kembali :)
Jika saja sampah-sampah plastik ini kita kumpulkan ditempatnya dan diolah apa yang terjadi? Yup! Sangat mungkin terwujud City Clean and Creative :)  untuk masalah ini sih dibutuhkan kesadaran dan praktek dari kesadaran manusianya masing-masing aja, diartikel sebelumnya saya telah membahas tentang kesadaran untuk bumi kita (bisa diliat diartikel ini).


sekarang saya akan membahas masalah tentang mengolah sampah plastik menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.
Sebenarnya sangat banyak cara kreatif untuk sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti membuatnya menjadi pernak pernik, jas hujan, payung, yang lagi hot adalah dijadikan sebagai Bahan Bakar Minyak (BBM). Wow,hebat bukan? Saya akan sebutkan beberapa contoh saja mulai dari limbah plastik menjadi Jas Hujan kreatif nah disini juga termasuk peran dari Teknologi dalam mendesain Jas Hujan agar menarik



Dan Teknologi sampah plastik menjadi BBM yang saat ini dikembangkan oleh Pelajar SMP Negeri 3 Pengasih di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta bernama Dhiki Andhika, menurut Dhiki ide membuat teknologi itu muncul saat ia berdiskusi dengan teman-temannya di jejaring sosial kemudian ia merakit beberapa komponennya.


Wah sangat kreatif bukan?
Jika saja kita dapat memanfaatkan sampah-sampah ini dengan baik dengan teknologi yang kreatif seperti diatas, bukan hanya kita yang diuntungkan tapi lingkungan dan kota kita juga untuk bumi kita bersama :)
Ayooo tunggu apalagi? Kita  wujudkan City Clean and Creative ala Techno Creative blog Jaga bumiku!
Salam Sahabat bumi.

2 komentar:

  1. Wah keren blognya, trus postingannya jg bagus. Baru tau nih klo sampah plastik bisa dijadiin BBM :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih telah mengunjungi blog bumi :D semoga artikel blog bumi kita bermanfaat :)

      Hapus